cara 100% berhasil mengatasi Windows Photo Viewer can’t display this picture

Halo pembaca diskretter, kali ini aku akan membagian cara mengatasi Windows Photo Viewer can’t display this picture yang 100% work dan berhasil. saat kita membuka gambar atau foto berformat jpg, jpeg, ataupun png pasti pernah mengalami peringatan ERROR pada Windows Photo Viewer yang bertuliskan  “Windows Photo Viewer can’t display this picture because there might not be enough memory available on your computer. Close some programs that you aren’t using or free some hard disk space (if it’s almost full), and then try again”

cara mengatasi Windows Photo Viewer can’t display this picture
ini adalah cara mengatasi Windows Photo Viewer can’t display this picture

Sebagai orang awam pasti mengira penyebabnya adalah memori Ram yang tidak cukup untuk membuka file foto, tetapi sebenarenya itu sahal. ‎Meskipun ini mungkin terlihat seperti masalah RAM rendah atau ruang penyimpanan yang lebih sedikit‎‎ di komputer, tetapi itu selalu tidak terjadi.

Saya sendiri mengalami ketika saya cek di task manager ram masih tersisa sangat banyak sudah end task aplikasi yang berjalan disk clean up dan restart komputer tetapi sayangnya tidak berhasil. setelah saya cari cari di google search dengan kata kunci Windows Photo Viewer can’t display this picture ternyata penyebabnya adalah pengaturan di profil color managament windows yang tidak tepat.

‎Windows Photo Viewer tidak dapat menampilkan gambar

Seperti yang sudah saya bahas saya bahas diawal saya Untuk mengatasi windows photo viewer error can’t display this picture solusinya adalah dengan mengatur Profil color managament windows dengan benar. saya sudah buktikan sendiri dan 100% berhasil membuka gambar terutama pada windows 7, 8 dan 10. berikut adalah langkah langkah mengatur color managament windows agar bisa membuka gambar pada windows photo viewer :

Buka Color Management

pengaturan color management windows melalui desktop
pengaturan color management windows melalui desktop
  • klik kanan pada desktop, screen resolusion, advanced setting, color management (semua versi windows mulai windows xp, windows 7 sampai windows 11)
  • Atau anda juga dapat membuka melalui klik ikon windows dan Ketik color management di kotak Search dan kemudian pilih Change advanced color management settings for display.
  • khusus untuk windows 8, 10 dan 11 bisa melalui Settings, System, Display, Advanced display settings, Display adapter properties of Display, Color Management.

Pengaturan Color Management yang benar

berikut adalah pengaturan Color Management windows yang benar agar windows photo viewer tidak error

  • Buka color managemen seperti yang sudah dijelaskan pada langkah sebelumnya
  • Jika Anda memiliki dua tampilan, pastikan untuk memilih tampilan utama.
  • ‎Setelah dikonfirmasi, pilih kotak centang yang bertuliskan‎ “Use my settings for this device“.
  • .‎Di tab device, pilih setiap profil ICC dan klik tombol remove. Hapus setiap profil yang tercantum di halaman tersebut.‎
  • jika anda melihat pesan “This color profile is the default profile for this device. Are you sure you want to disassociate it from the device?” silakan abaikan atau klik Continue.

    pengaturan windows photo viewer agar tidak error
    pengaturan windows photo viewer agar tidak error
  • langkah selanjutnya pilih tab Advanced tab. ini langkah yang paling penting ubah setelah dari ‎‎”Default sistem (sRGB IEC61966-2.1)” menjadi “Agfa: Swop Standard” ‎

    pengaturan color management yang benar
    pengaturan color management yang benar
  • klik close dan ok untuk menyimpan pengaturan
  • untuk mengetes apakah sudah fix silakan kalian buka gambar yang sebelumnya tidak bisa dibuka. saya sendiri menggunakan cara ini berhasi dan work 100%.

Catatan

‎Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ‎‎adalah jika ukuran gambar sangat besar‎‎, Windows Photo Viewer mungkin tidak dapat membuka gambar beresolusi tinggi. Secara default, Windows Photo Viewer tidak akan membuka file gambar yang lebih besar dari 100 megapiksel. Anda kemudian harus menggunakan beberapa ‎‎aplikasi penampil gambar‎‎ pihak ketiga seperti ‎‎GIMP‎‎, faststone photo viewer dll.

Penutup

Semoga apa yang saya bagikan mengatasi masalah Windows Photo Viewer can’t display this picture because there might not be enough memory available on your computer. Setelah membaca tips cara mengatasi Windows Photo Viewer tidak bisa menampilkan gambar di atas, saya berharap masalah yang Anda hadapi terselesaikan. Sehingga penampil gambar di PC atau laptop Anda normal kembali. sekian dan terimakasih 🙂

About Eli setiawan

eli setiawan adalah admin penulis dari website diskretter.com dan menyukai karya seni pixel art. menulis di wordpress mengunakan hosting dari idcloudhost. saya pengguna os windows dan sering menjalankan berbagai jenis os linux virtual box.

View all posts by Eli setiawan

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.