plugin wordpress mengetahui terakhir kali googlebot berkunjung


Sobat blogger diskretter salah satu proses dalam pengindexan artikel adalah proses perayapan crawling oleh google. kalian pengguna wordpress tapi lagi bingung, “Googlebot sudah datang crawl ke artikel saya belum ya? Kenapa artikelnya belum terindex” tenang saya ada jawabannya. Khusus untuk blog wordpress, saat ini sudah ada plugin wordpress namanya “Simple Googlebot visit” yang bisa membantu untuk cek robot indexing google terakhir kali  berkunjung ke web kita.

mengetahui terakhir kali googlebot berkunjung ke website
mengetahui terakhir kali googlebot berkunjung ke website
simple googlebot visit plugin untuk cek kapan terakhir kali google bot berkunjung ke web anda.

apa itu crawling google?

mungkin banyak kawan kawan yang belum tahu apa itu crawling? crawling yaitu proses dimana mesin pencarian (google) sedang melakukan perayapan dan memindai data pada sebuah situs web yang nantinya data tesebutakan disimpan di server. data pada server google kan digunakan untuk menampilkan hasil pencarian di google search. proses crawling oleh botgoogle sering juga disebut dengan proses spiders.

Apa itu crawling Google Bot?

Google menugaskan sebuah robot atau software untuk melacak dan menjelajah halaman web untuk melakukan index-ing terhadap halaman. Googlebot adalah Nama softwatre umum bot crawler milik Google meng-crawl web secara terus-menerus.  Googlebot inilah yang digunakan sebagai acuan dalam pengindeks-an(indexing) suatu halaman web, tentu saja blog ada di dalamnya. jadi sangat penting mengetahui kapan terahir kali robot google ini berkunjung kerana akan mempengaruhi hasil index artikel di search google.

Halaman-halaman yang dikunjungi oleh Googlebot ini akan dicatat (apa ya istilahnya kalau untuk robot? hehe). Intinya kualitas SEO suatu halaman web dutentukan oleh perangkat lunak ini. Begitupun hubungannya dengan Pagerank. Tidak mungkin tim Google melacaknya secara manual kan? haha

Googlebot ini sebenarnya tidak setiap saat mengunjungi dan meng-indeks halaman sebuah web. Dan saya sendiri tidak tahu apakah dua hari sekali, tiga hari sekali atau bagaimana. Yang pasti kita bisa mengetahui kapan terakhir kali Googlebot berkunjung ke halaman web kita, atau istilah kerennya disebut Googlebot Last Visit. Khusus untuk pengguna cms wordpress ada nih plugin untuk cek Googlebot sudah mengunjungi web kita.

apa itu Simple Googlebot visit

Kunjungan Googlebot Sederhana adalah plugin yang memungkinkan Anda mengetahui kapan terakhir kali googlebot mengunjungi konten Anda. Ini penting karena bertugas mengindeks semua halaman Anda dan menampilkannya di hasil pencarian Google.

plugin simple googlebot visit
plugin wordpress simple googlebot visit

dengan menggunakan simple Googlebot visit Anda akan memiliki informasi berharga ini yang terintegrasi ke dalam panel administrasi WordPress Anda, tanpa harus mengintegrasikan alat seperti Search Console. pada dasbort wordpress tampilannya akan seperti gambar dibawah ini

tampilan simple googlebot visit wordpress
tampilan simple googlebot visit wordpress

cara memasang plugin Simple Googlebot visit

  1. silakan kunjungi halaman https://wordpress.org/plugins/simple-googlebot-visit/
  2. atau anda bisa Instal Simple Googlebot Visit  melalui repositori plugin WordPress.org atau dengan mengunggah file ke server Anda.
  3. setelah plugin diinstal jangan lupa Aktifkan Simple Googlebot Visit agar pluin wordpressnya bekerja.
  4. silakan tunggu beberapa waktu
  5. apabila robot google sudah berkunjung pada tampilan dasbord wordpress akan muncul googlebot last visit

tanya jawab (FAQ) plugin simple Googlebot visit

Siapa yang harus menggunakan plugin wordpress simple Googlebot visit ?

plugin simple Googlebot visit sangat cocok untuk pemilik bisnis, blogger, desainer, pengembang, fotografer, dan pada dasarnya semua orang. Jika Anda peduli dengan SEO, Simple Googlebot Visit adalah satu lagi alat untuk perjuangan kebutuhan SEO Anda.

Bagaimana data dikumpulkan?

Kunjungan Googlebot Sederhana tidak menggunakan layanan pihak ketiga mana pun. Data dikumpulkan pada setiap kunjungan googlebot. Karena alasan ini, Anda mungkin tidak akan melihat kunjungan apa pun yang tercermin hingga setelah beberapa jam.

kesimpulan dan penutup

plugin simple googlebot visit pada wordpress sangat membantu kita terutama untuk mengetahui kapan terakhir kali robot google berkunjung. tentunya akan memudahkan kita dalam mengoptimalisasi artikel pada website yang kita kelola. sekian sempoga tulisan tentang simple googlebot visit wordpress bermanfaat. terimakasih 🙂

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *