apakah ssd 256 GB cukup? tergantung kebutuhan

Hay pengunjung diskretter kali ini aku akan membahas tentang apakah ssd 256 cukup? sebuah komputer membutuhkan media penyimpanan berupa ssd yang berguna untuk tempat sistem windows, office, editing, gaming, coding dll. Salah satu pertanyaan yang timbul adalah apakah ssd 256 cukup untuk memenuhi berbagai kebuthan ? pada postingan kali ini saya akan menmbahas apakah ssd kapasitsa 256 cukup atau tidak untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

apakah ssd 256 gb cukup
apakah ssd 256 gb cukup

apakah ssd 256 cukup?

‎apabila kebutuhan anda hanya penggunaan ringan seperti menjalankan operating sistem (OS) WINDOWS 7,8, 10, 11 dan kebutuhan mengetik di office tentunya SSD 256GB sudah sangat cukup sekali. hal ini kerana untuk menginstall (OS) WINDOWS 7,8, 10,  umumnya mengunakan sekitar penyimpana space/ ruang memori sekitar 30 GB ( windows 10) dan 64 gb (windows 11) instal aplikasi kantor seperti microsoft office, word, exel dan browser chrome hitunglah total 10 GB, sehingga SSD yang kapasitasnya 256 gb masih tersisa free space yang lumayan banyak sekitar 200an gb apabila menggunakan windows 10 dan 180an gb apabila menggunakan windows 11.

namun jika kebutuhan anda adalah untuk gaming/ pekerjaan yang membutuhkan load file yang cukup besar seperti editing video lebih ssd 256 GB nisa dibilang pas pasan. kapasitas SSD 256 gb tersebut tentunya untuk menyimpan hasil file file rendering vidio, media vidio dll. untuk pembahasan lebih detailnya apakah ssd 256 gb cukup simak penjelasan berikut ini:

ssd 256 untuk kebutuhan instal os windows 10 dan 11

‎Menurut halaman System requirements windows 10 dan System requirements windows 11 spesifikasi dan persyaratan  untuk menjalankan os windows 10 dibutuhkan penyimpanan 16 GB untuk OS 32-bit dan 20 gb untuk os 64-bit.  sedangkan untuk windows 11 untuk versi 64 bit membutuhkan penyimpanan sebesar 64 gb.

minimum ukuran penimpanan windows 10 dan 11
minimum ukuran penimpanan windows 10 dan 11

seperti yang sudah saya bahas diawal bahwa ssd 256 gb untuk instal windows 10 dan 11 sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan instal windows. menggunakan ssd 256 gb anda masih mempunyai  free space memori yang lumayan banyak sekitar 200 gb apabila menggunakan windows 10 gb dan 180 gb apabila menggunakan windows 11.

ssd 256 untuk kebutuhan office dan browsing

bagi anda yang kebutuhannya adalah Untuk office dan browsing maka SSD 256 GB juga sangat mumpuni. misal sebuah komputer yang dirancang menggunakan windows 10 untuk office dan browsing akan memakan media penyimpana yang tidak terlalu banyak. katakanlah apabila menginstal microsoft office, dan browser seperti google chrome opera, mozila jika ditotal dengan sistim operasi windows 10 adalah  30 gb +10 gb untuk aplikasi office. jadi jika anda menggunakan ssd 256 GB untuk kebutuhan office dan browsing free space memori yang lumayan banyak sekitar 200 gb

ssd kebutuhan Multimedia

bagi anda penggemar multimedia Tidak bisa dipungkiri banyak orang senang download file besar, menyimpan file film baik anime, serial atau bioskop di dalam komputer. Jika pengguna menyimpan banyak film, jelas 256 GB tak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan itu. Sebagai informasi sebuah file film bioskop dapat berukuran sekitar 1 GB untuk versi standar dan dapat mencapai 4GB untuk versi HD. 4GB bukan ukuran kecil.

Bagi yang gemar menyimpan video film di memori SSD, ukuran 256 GB, maksimal hanya bisa menyimpan sekitar 64 file fim saja. Belum jika pemakai komputer ingin menyimpan file-file lain, berbagai aplikasi program komputer seperti Word, Excel dsb. Karena itu bagi penggemar multimedia 256 GB akan terasa pas pasan.

saya sarankan untuk ssd 256 digunakan sebagai penyimpanan os saja, sedangkan file file multimedia seperti film anime, serial atau bioskop disimpan di hdd saja, ssd digunakan untuk penyimpanan file file sistem dan office agar saat aplikasi sistem mengakses memori ssd tidak terlalu terbebani.

ssd 256 kebutuhan content creator

bagi kalian yang kebutuhannya sebagai content creator yang sangat membutuhkan keceptan dak kehandalan baca dan tulis memori, SSD 256 gb bisa dibilang pas pasan akan cepat penuh. aplikasi content creator seperti Adobe Creative Cloud, Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Adobe Premiere Pro, Adobe Illustrator dll total bisa sampai ratusan GB. apabila diinstal di komputer tentu memakan banyak ruang penyimpanan, belum lagi file file tambahan seperti bahan gambar atau vidio untuk diedit. saya sarankan ambil kapasitas yang lebih dari SSD 256 gb agar ssd tidak cepat penuh, atau bisa gunakan opsi HDD untuk penyimapanan file file bahan editnya, tetapi tentu ada kekurangan yaitu akses file yang lambat dikeranakan akses baca dan tulis hdd yang lambat.

ssd 256  kebutuhan untuk gamers

Sekarang pertanyaan apakah SSD 256 GB cukup akan ditujukan oleh para gamers. tentu sama seperti kebutuhannya sebagai content creator, kebutuhan untuk gamers juga terasa pas pasan. seorang gamers memerlukan space memori yang lumayan besar, hal ini karena ukuran file game umumnya mulai dari puluhan gb sampai ratusan gb apabila di install di memori ssd 256 GB akan cepat penuh.

Kesimpulan

ssd dengan kapasitas ukuran 256 gb akan sangat mencukupi apabila unruk kebutuhan ringan seperti os, office dan browsing tetapi untuk kebutuhan berat seperti content creator dan gamers akan terasa pas pasan. saran gunakan ssd kapasitas 356 gb dengan bijak agar tidak cepat penuh.

About Eli setiawan

eli setiawan adalah admin penulis dari website diskretter.com dan menyukai karya seni pixel art. menulis di wordpress mengunakan hosting dari idcloudhost. saya pengguna os windows dan sering menjalankan berbagai jenis os linux virtual box.

View all posts by Eli setiawan

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.