Cara screenshort di laptop chromebook lengkap

contoh popup clipboard screenshort di laptop chromebook

Halo pembaca Diskretter, kali ini aku akan berbagi tips cara Cara screenshort di laptop chromebook dengan berbagai cara. bagi anda yang baru mencoba atau baru beradaptasi menggunakan laptop Chromebook pasti pernah dong kebingungan cara untuk mengambil screenshort gambar layar laptop. laptop chromebook dengan chrome os buatan google ini memang sedikit berbeda dibanding laptop windows terutama untuk mengambil tanggkapan layar, tapi tenang saya akan membagikan tutorial cara screenshortnya.

screenshort di laptop chromebook

Jika anda baru saja membeli Chromebook dan ingin mengambil screenshort  anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan kombinasi tombol shortcut khusus yang sudah tersedia di laptop chromebook.  jadi anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga apa pun karena Chrome OS mendukung mengambil semua jenis tangkapan layar (screenshort) yang berbeda, termasuk layar penuh, jendela, dan jepretan sebagian dengan fitur Tangkapan Layarnya.  oke tanpa basa basi lagi ayo kita bahas cara screenshot di laptop Chromebook

Screenshot di chromebook dengan tombol Ctrl + Overview key

cara pertama screenshort di laptop chromebook adalah dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Overview key. Cara ini umum digunakan untuk mendapatkan screenshort laptop chromebook dengan cepat serta dengan ukuran penuh. Tombol overview chromebook biasanya ada diatas tombol nomer “6”. jika masih bingung bisa lihat gambar ilustrasi screenshort  Ctrl + Overview key dibawah ini.

screenshort chromebook dengan layar penuh
screenshort chromebook dengan layar penuh

Menekan kpmbinasi tombol Ctrl + Overview key maka akan langsung mengambil tangkapan layar layar penuh, dan snapshot akan disimpan di aplikasi File di bawah folder “Download” atau “Unduhan”. untuk mencarinya cukup membuka aplikasi File, dan Anda akan menemukan lokasi folder screenshort tangkapan layar.

folder lokasi screenshort chromebook disimpan
folder lokasi screenshort chromebook disimpan

Selain itu, ketika mengambil tangkapan layar, pop-up muncul di sudut kanan bawah laptop chromebook anda dan otomatis tersalin ke clipboard di Chrome OS. Dari sana, Anda dapat mengklik “Edit” dan menambahkan keterangan pada tangkapan layar. selain itu anda juga dapat paste/tempelkan  clipboard ke aplikasi editor foto yang biasa anda gunakan dengan menekan tombol Ctrl + V.

contoh popup clipboard di laptop chromebook
popup clipboard di laptop chromebook

anda juga bisa menemukan histori tangkapan layar sebelumnya, baik itu gambar yang disalin, teks, dll.,  dengan menekan  hotkey “Search +V”, dan menu Clipboard History akan muncul. Dari sini, Anda dapat dengan mudah menempelkan tangkapan layar sebelumnya

histori papan clipboard screenshort chromebook.jpg
histori papan clipboard screenshort chromebook.jpg

Screenshot di chromebook dengan menu Quick Settings

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk screenshort layar laptop chromebook adalah dengan menggunakan tombol yang sudah tersedia di menu “Quick Settings”  chromebook anda. tetapi perlu diingat cara ini hanya tersedia jika anda menggunakan chrome os versi 89 atau yang lebih tinggi, jadi pastikan anda menggunakan versi chrome os yang terbaru. berikut adalah langkah langkahnya:

  • buka menu quick setting  di sudut kanan bawah, dan Anda akan menemukan opsi menu “screenshort” seperti pada gambar dibawah ini.

    tombol screenshort di quick setiing chromebook
    tombol screenshort di quick setiing chromebook
  • Klik menu screenshort tersebut maka bilah alat akan terbuka. Sekarang, Anda dapat memilih jenis tangkapan layar yang Anda inginkan – layar penuh, jendela, atau sebagian. Sekarang, klik “Capture” atau tekan enter. hasil tangkapan layar akan disimpan di folder Unduhan.

Screenshot di chromebook dengan keyboard external

apabila anda menggunakan keyboard external yang terpasang chromebook maka anda bisa mengunakan kombinasi tombol berikut ini:

1. kombinasi tombol Ctrl + F5

menekan kombinasi tombol Ctrl + F5 di keyboard external chromebook maka akan menghasilkan tangkapan layar satu halaman penuh. cara ini  mirip dengan pintasan Chromebook asli, tetapi Anda harus menekan F5 sebagai ganti tombol overview button chromebook.

2. kombinasi tombol Ctrl + Alt + F5

cara lain mengambil screenshort dengan keyboard external chromebook anda bisa menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + F5. kombinasi tombol Ini akan segera mengambil tangkapan layar dari jendela saat ini di Chromebook Anda.

3. kombinasi tombol Ctrl + Shift + F5

cara terakhir yaitu menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + F5 pada keyboard eksternal anda. Layar akan meredup secara otomatis dan Anda dapat memilih wilayah screenshort dengan mudah.

sekian yang dapat saya bagikan mengenai cara cara screenshort di laptop chromebook, semoga dengan tutorial diatas dapat menyelesaikan dan menambah pengetahuan anda 🙂

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *