Cara mengaktifkan fitur Linux di chromebook

Halo pembaca diskretter, kali ini saya akan membahas tutorial mengaktifkan fitur linux di chromebook. Chromebook adalah perangkat komputer yang menggunakan Sistem Operasi milik Google yaitu ChromeOS,  sehingga tidak heran dapat menginstal dan menjalankan fitur aplikasi android. ChromeOS pada dasarnya adalah linux tetapi oleh google sudah dimodifikasi untuk tujuan fitur keamanan dan performa sehingga secara default chromebook hanya bisa menginstal aplikasi yang bersumber dari playstore dan chrome web store. tetapi seringkali aplikasi android dan ekstensi chrome webstore memiliki keterbatasan fungsi yang tidak se powerfull aplikasi versi linux. banyak pengguna chromebook yang membutuhkan fitur fitur powerfull linux, sehingga untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial mengaktifkan fitur aplikasi linux di chromebook.

Dengan menginstal Linux di Chromebook, Anda dapat memanfaatkan fitur fitur aplikasi Linux desktop lengkap dan powerfull.

cara instal aplikasi linux di chromebook

Langkah pertama agar dapat menginstal aplikasi linux diperangkat chromebook anda adalah dengan mengaktifkan fitur Linux development Environment(LDE) atau disebut juga lingkungan pengembang linux.  fungsi mengaktifkan fitur ini adalah untuk container atau virtual machine. jadi dengan Linux development Environment(LDE) anda dapat menjalankan virtual mesin dan menginstal aplikasi linux di perangkat chromebook anda.

mengaktifkan fitur ingkungan pengembang linux langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Setelan > Lanjutan > developer. Di bawah terdapat opsi Lingkungan pengembangan Linux , klik Nyalakan/aktifkan.

    gambar mengaktifkan lingkungan pengembang linux chromebook
    mengaktifkan pengaturan lingkungan pengembang linux chromebook
  2. selanjutnya akan muncul popup kotak dialog menginstal lingkungan pengembangan Linux yang akan mengunduh sekitar 450 MB data, jadi pastikan chromebook anda terhubung ke internet.

    menyiapkan lingkungan pengembang linux di chromebook.jpg
    menyiapkan lingkungan pengembang linux di chromebook.jpg
  3. Selanjutnya, pilih nama pengguna linux anda. Buatlah sesingkat dan semenarik mungkin. Kemudian pilih ukuran Disk virtual sebagai tempat menyimpan file linux. Chrome OS merekomendasikan 10GB silakan memilih opsi Custom agar internal memori chromrebook memiliki free space.  ukuran disk virtual tergantung pada seberapa banyak yang akan Anda lakukan dan install dengan Lingkungan Pengembangan Linux, ini bisa sangat kecil atau banyak tergantuk seberapa banyak file yang akan kalian simpan. jngan lupa klik install agar menuju step selanjutnya.

    proses setup nama dan ukuran penyimpanan virtual inux chromebook
    proses setup nama dan ukuran penyimpanan virtual inux chromebook
  4. tunggu proses instalasi linux, biasanya berlangsung selama beberap menit. proses penginstalan bergantung seberapa cepat koneksi interet anda, jadi pastikan koneksi internet anda lancar. Ketika instalasi selesai, maka anda akan melihat jendela terminal dengan command prompt muncul.

    tampilan terminal linux chromebook
    tampilan terminal linux chromebook

selamat anda sudah berhasil menginstal linux di chromebook anda.

Anda juga menginstal aplikasi desktop Linux lengkap melalui terminal ini. Untuk mengetahui detail Linux atau mesin virtual yang terpasang di Chromebook Anda, jalankan perintah berikut:

  • uname -r → menampilkan versi kernel Linux. Dari Chromebook saya, Anda dapat melihat bahwa kernel Linux adalah versi 5.10.131 artinya linux versi yang terbaru.
  • cat /etc/os-release → menunjukkan distribusi Linux wadah Linux didasarkan pada Debian GNU/Linux 11 (bullseye).
  • hostnamectl → Menampilkan nama host container (penguin), teknologi virtualisasi, sistem operasi, versi kernel, dan arsitektur sistem.

Dengan lingkungan pengembangan Linux yang terinstal sepenuhnya, kini Anda dapat menginstal sejumlah Aplikasi berbasis Linux yang kompatibel di Chromebook Anda.

Sebagai informasi tambahan Linux yang berjalan di Chromebook ini adalah Linux default host container yang disebut “penguin” yang didasarkan pada distribusi berbasis Debian Linux. debian linux ini adalah turunan yang sama dengan sistem operasi desktop Linux populer yaitu Ubuntu. jadi anda dapat menginstal aplikasi linux melalui file .deb yang merupakan sistem paket aplikasi untuk distribusi Linux berbasis Debian. selamat kini anda dapat dengan mudah menginstal dan menjalankan aplikasi linux di chromebook.

sekian yang dapat saya bagikan, semoga tutorial Cara mengaktifkan fitur Linux di chromebook bermanfaat untuk pembaca semuanya, terimakasih 🙂

About Eli setiawan

Eli setiawan adalah admin penulis dari website diskretter.com, pecinta teknologi windows dan linux. Banyumas adalah tempat tinggalku, menulis di blg adalah hobiku. perangkat yang biasa saya gunakan untuk mengelola website diskretter ini adalah Lenovo thinkpad T440P dengan os windows dan hp chromebook dengan chrome OS.

View all posts by Eli setiawan

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.