cara mengoptimalkan penyimpanan chromebook

Hay pembaca diskretter, kali ini saya akan membahas tentang cara mengoptimalkan penyimpanan chromebook. chromebook adalah perangkat komputasi awan yang dirancang agar dapat berjalan dengan ringan di spesifikasi rendah, termasuk soal memori penyimpanan. chromebook dirancang oleh google agar menggunakan penyimpanan cloud sehingga tidak heran memori internal di chromebook umumnya tidak besar umumnya berkapasitas 16 GB, 32 GB, atau 64 GB. penyimpanan internal chromebook yang terisi penuh akan membuat chromebook anda melambat

kapasitas penyimpanan di chromebook
kapasitas penyimpanan di chromebook

Tidak semua pengguna chromebook menyimpan datanya di cloud, beberapa pengguna chromebook masih membutuhkan penyimpanan offline agar dapat diakses setiap waktu walaupun tanpa internet. penyimpanan chromebook yang mini ini juga menjadi masalah apabila anda menyimpan data offline dengan jumlah besar. masalah tersebut adalah perangkat chromebook anda mulai melambat akibat memori internal yang penuh.

pada artikel kali ini saya akan membagikan tips untuk mengoptimalkan penyimpanan Chromebook Anda dan membuatnya tetap berjalan dengan cepat.

Bersihkan extension chrome yang jarang digunakan

Ekstensi pada dasarnya adalah paket perangkat lunak kecil yang dapat berjalan di browser Chrome. ekstensi chrome membantu anda produktif browsing menggunakan internet, tetapi beberapa ekstensi Anda dapat menjadi usang dan dapat mulai menyebabkan semua jenis masalah. Kami selalu menyarankan untuk membersihkan ekstensi saat orang mengalami masalah dengan Chromebook mereka karena biasanya ekstensi yang tidak didukung dan usang biasanya merupakan akar masalahnya.

conroh ekstensi chromebook
conroh ekstensi chromebook

Anda dapat membersihkan ekstensi dengan memilih ‘Ekstensi’ di setelan browser atau menjelajah ke

 chrome://extensions.

Dari sana anda dapat melihat ekstensi apasaja yang terpasang  dan menghapus  ekstensi yang tidak Anda gunakan. ekstensi chrome yang jarang digunakan biasanya akan usang akibat tidak diupdate, tentunya ekstensi yang usang akan menambah berat kinerja sistem dan perangkat penyimpanan chromebook anda.

Bersihkan memori internal secara manual

Chromebook dibuat untuk “cloud” sehingga Anda akan melihat bahwa sebagian besar perangkat Chrome OS tidak memiliki penyimpanan hard drive internal yang besar. agar tidak cepat penuh silakan hapus file file yang tidak diperlukan pada memori internal chromebook.

Gunakan penyimpanan cloud

chromebook sudah disingkronisasikan dengan Google Drive , sehingga untuk file unduhan Anda dapat memanfaatkan sebagai media penyimpanan. tinggal ke menu seting untuk mengubah folder unduhan agar otomatis ke google drive. Mengubah unduhan Anda ke folder Google Drive akan secara otomatis mengunggah semua unduhan Anda ke cloud sehingga selalu dapat diakses dari perangkat lain dan tidak akan pernah hilang saat Anda Powerwash atau menggunakan Chromebook lain.

Tinjau dan hapus instalan Aplikasi

Manajer aplikasi baru di pengaturan Chrome OS adalah tempat yang berguna untuk melihat semua aplikasi Anda dan meninjau aplikasi mana yang Anda gunakan dan mana yang dapat dihapus. Meskipun aplikasi yang tidak berjalan tidak menggunakan sumber daya sistem saat tidak dibuka secara aktif, aplikasi tersebut masih menggunakan penyimpanan lokal Anda, jadi secara umum, ada baiknya untuk sesekali memeriksa pengelola aplikasi dan menghapus aplikasi apa pun. yang tidak Anda perlukan lagi atau tidak digunakan akhir-akhir ini.

Powerwash

– Jika semuanya gagal, Powerwash di Chrome OS akan mengembalikan Chromebook kembali ke pengaturan pabrik. Ini adalah sesuatu yang kami lakukan sepanjang waktu di kantor saat kami menguji dan meninjau perangkat yang berbeda tetapi juga dapat berguna ketika Anda mengalami masalah. Seperti sistem operasi lainnya, Anda mungkin saja mengalami kesalahan sistem sesekali sehingga Powerwash dari layar kunci bisa menjadi peretasan yang sangat berguna.

Poin penting untuk dipertimbangkan: ketika Anda Powerwash, jika Anda belum membersihkan ekstensi dan / atau aplikasi yang bermasalah, mereka akan diinstal ulang saat masuk dengan akun yang sama dan dengan demikian, masalah yang sama akan tetap ada. Jika setelah Powerwash Anda akhirnya melihat masalah yang sama, pastikan Anda melakukan semua yang ada di daftar di atas juga.

sekian pembahas tentang cara mengoptimalkan penyimpanan chromebook, semoga bermanfaat

About Eli setiawan

Eli setiawan adalah admin penulis dari website diskretter.com, pecinta teknologi windows dan linux. Banyumas adalah tempat tinggalku, menulis di blg adalah hobiku. perangkat yang biasa saya gunakan untuk mengelola website diskretter ini adalah Lenovo thinkpad T440P dengan os windows dan hp chromebook dengan chrome OS.

View all posts by Eli setiawan

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.