Tutorial Cara Mengaktifkan Teks Otomatis di Chromebook

gambar text otomatis berjalan di chrome browser

Halo pengunjung diskretter chromebook mempunyai fitur yaitu Teks Otomatis (Live Caption) yang dapat menerjemahkan ucapan dalam vidio menjadi teks secara real-time secara  akurat, cepat, dan bahkan saat anda offline. ftur ini sangat cocok digunakan saat menonton youtube meskipun video YouTube tidak memiliki subtitel secara default.

Teks Otomatis adalah salah satu fitur aksesibilitas terbaik di Chromebook yang dapat membantu anda memahami kata kata yang diucapkan dalam sebuah vidio. Alat ini dirancang untuk membantu orang tuli dan tunarungu, tetapi juga dapat berguna di lingkungan yang bising.

Teks Otomatis (Live Caption) di chromebook ini menggunakan fitur AI (Artificial Intelligence) kecerdasan buatan google yang akan mengonversi audio apa pun secara langsung menjadi subtitel. Namun sayangnya fitur ini hanya suport bahasa inggris dan berfungsi saat Anda memutar video di Google Chrome.

Tanpa basa basi lagi berikut adalah tutorial mengaktifkan fitur Teks Otomatis di Chromebook chrome os

cara mengaktifkan fitur Teks Otomatis di Chromebook

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Teks Otomatis (Live Caption) di Chromebook Anda:

  1. Buka peluncur chromebook anda dan cari aplikasi setting atau pengaturan. anda juga bisa mengakses pengaturan melalui pengaturan cepat (Quick Settings panel) Di sudut kanan bawah desktop Chromebook Anda.
  2. Selanjutnya, pilih Lanjutan > Aksesibilitas > Kelola fitur aksesibilitas.
  3. pada bagian Kelola fitur aksesibilitas, Pilih ‘Teks’ tepat di bawah ‘Audio dan Teks’.

    mengaktifkan fitur Teks Otomatis di Chromebook
    cara mengaktifkan fitur Teks Otomatis di Chromebook
  4. Aktifkan Teks Otomatis di Chromebook Anda.
  5. Sekarang, lanjutkan dan mainkan media apa pun di Chrome.
  6. jika berfungsi maka Popup teks langsung akan muncul di bagian bawah apabila anda memutar vidio atau audio di browser chrome. contohnya bisa lihat gambar dibawah ini

    gambar text otomatis berjalan di chrome browser
    gambar text otomatis berjalan di chrome browser

sebagai catatan bahwa fitur Teks Otomatis hanya berfungsi di browser Chrome di Chromebook. Jika Anda memutar file media di aplikasi seperti  galeri, atau aplikasi pemutaran media lainnya, sangat di  sayangkan fitur ini tidak  berfungsi. Catatan lainnya Saat ini, Teks Otomatis di Chromebook hanya mendukung bahasa Inggris. Dari Bahasa Inggris (AS) ke Bahasa Inggris (UK) dan Bahasa Inggris (India), semua varian bahasa Inggris dari berbagai wilayah didukung. Google telah mengatakan bahwa Teks langsung untuk bahasa Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol akan segera hadir di Chromebook.

cara mengatur (Kustomisasi) Teks Otomatis di Chromebook

Anda dapat mengatur atau mengkostomisasi tex yang akan ditampilkan chromebook. Berikut adalah berbagai cara untuk menyesuaikan Teks Otomatis di Chromebook:

  1. Masuk ke bagian ‘Keterangan’ seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  2. Pilih ukuran font yang Anda inginkan untuk teks yang akan ditampilkan di Chromebook Anda.
  3. Saat teks muncul di layar Anda, seret di sekitar jendela untuk menempatkannya di mana pun Anda inginkan.
  4. Anda bahkan dapat mengubah ukuran seluruh kotak teks saat Teks Otomatis muncul di Browser Chrome Anda.

Frequently Asked Questions (FAQ) Teks Otomatis di Chromebook

Bahasa apa yang didukung untuk Teks Otomatis di Chromebook?

Saat ini, hanya bahasa Inggris dari berbagai wilayah yang didukung di Chromebook. Google telah mengatakan bahwa Live Caption akan segera hadir dalam bahasa Prancis, Jerman, Italia, dll.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Teks Langsung di Chrome?

Cukup buka chrome://flags/#enable-accessibility-live-caption di browser Chrome dan aktifkan flag. Ini akan mengaktifkan fitur Live Caption di Chrome. Anda selanjutnya dapat pergi ke Pengaturan -> Lanjutan -> Aksesibilitas -> Teks untuk mengonfigurasi Teks Otomatis.

Apakah Teks Otomatis berfungsi secara offline di Chromebook?

Ya, teks otomatis berfungsi offline di Chromebook, dan datanya tidak pernah keluar dari perangkat Anda. Semua pemrosesan data dilakukan secara lokal.

Bagaimana Cara Menyesuaikan Teks Otomatis di Chromebook?

Buka aplikasi Pengaturan chromebook anda pilih menu Lanjutan -> Aksesibilitas -> Kelola fitur aksesibilitas -> Teks. Di sini, di bawah “Preferensi teks”, Anda dapat memilih ukuran teks, font, warna latar belakang, dll.

penutup

sekian pembahasan mengenai Tutorial Cara Mengaktifkan Teks Otomatis di Chromebook, jika artkel ini bermanfaat silakan tinggalkan komentar dan bagikan ke media sosial anda. terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *