tutorial Split Screen di Chromebook mirip windows 11


Pembaca diskretter Split Screen (layar terpisah) adalah fitur yang membagi tampilan layar untuk membuka dua jendela aplikasi atau lebih. bagi banyak orang fitur Split Screen sangat membantu produktifitas bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer. Split Screen umumnya terdapat pada os moderen seperti windows, tetapi tenang chrome os chromebook juga memiliki fitur Split Screen yang bahkan tampilannya bisa mirip dengan windows 11.

split screen chromebook mirip windows 11
split screen chromebook mirip windows 11

Apa Itu Split Screen

Split screen adalah fitur pada komputer yang bisa membagi tampilan layar untuk membuat dua jendela aplikasi atau lebih  dalam satu gambar monitor. fungsi fitur split screen adalah untuk produktifitas kerja serta memudahkan membuka tutup aplikasi serta merapikan tampilan layar jendela workspace aplikasi

Cara Split Screen di Chromebook

Dalam tutorial ini akan membahas tentang cara Split Screen di Chromebook dengan menggunakan tobol Maksimalkan “Maximize ” hingga menggunaan fitur “Partial Split” pada menu Chrome flag agar mirip tampilannya mirip seperti di windows 11.

Split Screen Chromebook dengan tombol Maximize

split screen dengan tombol maximize adalah cara yang paling gampang dan simpel untuk dipraktekan. anda dapat menggunakan fitur Split Screen Chromebook dengan tombol maximize, caranya sebagai berikut

  1. Pada jendela yang aktif, klik dan tahan tombol maximize pada bilah judul windows chromebook anda. tahan beberapa detik maka akan muncul Indikator panah kemudian akan muncul di sisi kiri dan kanan tombol maksimalkan. Cukup seret ke sisi kiri, dan jendela akan menjepret ke sisi kiri.
  2. Ulangi proses yang sama untuk jendela lain. Klik dan tahan tombol “Maksimalkan” dan seret ke kanan. Dan voila, Anda telah berhasil membagi layar di Chromebook Anda. Sekarang, Anda dapat melihat dua jendela secara bersamaan.

Split Screen di Chromebook Menggunakan Keyboard

cara kedua Anda dapat dengan mudah membagi layar di Chromebook menggunakan pintasan (shortcuts) keyboard, mirip mirip seperti pintasan di os windows. Berikut cara kerjanya:

  1. buka beberapa aplikasi, Saat Anda berada di jendela aktif, cukup tekan “Shift + [” untuk menggeser jendela ke sisi kiri.
  2. Untuk memasang jendela lain ke sisi kanan layar Chromebook Anda, klik jendela itu untuk mengaktifkannya dan tekan “Shift + ]“. Dengan cara ini, Anda dapat dengan cepat membagi layar di Chromebook Anda.
  3. Untuk menyesuaikan kembali ukuran jendela dalam mode layar terbagi, arahkan kursor mouse ke bagian tengah tempat kedua jendela bertemu. Slider akan muncul di sana. Sekarang, tahan dan gerakkan penggeser ke sisi mana pun Anda ingin mengubah ukuran jendela secara otomatis.

Split Screen di Chromebook Menggunakan Gerakan (Gestures) Touchpad

Selain menggunakan tombol maximize dan shortcuts keyboard,anda juga dapat menggunakan gestures touchpad untuk Split Screen di Chromebook. cara ini cocok untuk anda yang terbiasa menggunakan touchpad sebagai media navigasi perangkat chromebook. langkah langkahnya sebagai berikut:

  1. buka beberapa jendela, lalu pada touchpad lakukan sapuan Gestures tiga jari untuk membuka menu ikhtisar.
  2. Sekarang, klik dan tahan pada salah satu jendela dan seret ke kiri atau kanan, sesuai keinginan Anda seperti gambar dibawah ini

    gesture mengunakan touchpad pada chromebook
    gesture mengunakan touchpad pada chromebook.
  3. Di sisi lain, klik jendela pilihan Anda, dan itu akan membagi layar di Chromebook Anda. Itu mudah, bukan?

Layar Terpisah di Chromebook Layar Sentuh

menggunakan fitur ini pastikan perangkat yang anda gunakan adalah tablet Chrome OS atau Chromebook yang sudah mendukung fitur layar sentuh (touchscreen). dalam mode tenda atau tablet, Anda dapat membagi layar menggunakan gerakan gesture sentuh. Ini bekerja mirip dengan gerakan touchpad, tetapi ada beberapa fungsi lagi. Berikut adalah cara menggunakannya.

1. Mirip dengan gerakan ponsel Android, lakukan sapuan satu jari ke atas dan tahan untuk membuka menu ikhtisar. Di sini, tekan dan tahan jendela pilihan Anda dan seret ke kiri atau kanan.
2. Setelah itu, Anda dapat mengetuk jendela kedua di sisi lain, dan layar akan terbagi menjadi dua jendela.
3. Anda juga dapat menggesek ke atas dari Rak (Bilah Tugas) untuk membuka aplikasi baru dalam mode layar terbagi di Chromebook.
4. Selain itu, Anda dapat dengan cepat mengubah jendela di kedua sisi. Cukup lakukan sapuan satu jari ke atas di kedua sisi dan pilih jendela yang berbeda.

Split Screen di Chromebook menggunakan fitur Snap Layouts Chrome flag

nama fitur split screen pada chromebook yang tampilannya mirip mirip tampilan windows 11 adalah “Partial Split” yang terdapat pada menu Chrome flag. fitur “Partial Split” terinspirasi dari os snap Layouts windows 11, yang memungkinkan Anda menjepret jendela dengan cepat ke berbagai posisi di layar Anda.

fitur “Partial Split” sudah aktif di semua saluran Chrome OS baik itu versi  Stabil, Beta, dan Dev (Chrome OS 105 atau lebih tinggi), namun fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu secara manual pada menu Chrome flag. Berikut adalah cara untuk melakukannya.

1. Pastikan Chromebook Anda diperbarui ke Chrome OS 105 atau lebih tinggi. Setelah itu, buka browser Chrome Anda dan tempelkan  alamat di bawah ini.

chrome://flags/#partial-split

setelah itu enter, pilih enable partial split dan restart perangkat chromebook anda agar fitur ini aktif.

mengaktifkan Partial Splitdi chrome flag
mengaktifkan Partial Splitdi chrome flag agar mirip windows 11

2. langkah Selanjutnya aktifkan fitur float (tetap diatas), dalam menu Partial Split. caranya rekatkan alamat di bawah ini

chrome://flags/#cros-labs-float-window
fitur float selalu diatas pada chromebook
fitur float selalu diatas pada chromebook

Sekarang, klik “Restart” untuk menerapkan perubahan.

3.fitur Partial Split mirip windows 11 sekarang sudah aktif, untuk menggunakannya cukup arahkan kursor mouse ke tombol “Maksimalkan”, dan menu Partial Split akan muncul hampir seketika. Anda dapat membagi layar menjadi mode setengah, sebagian, atau layar penuh di Chromebook. Ada juga fitur float (tetap diatas) untuk menyematkan jendela aplikasi yang dibuka untuk selalu diatas.

Split Screen di Chromebook
Split Screen di Chromebook mirip windows 11

sekian pembahasan tutorial Split Screen di Chromebook agar tampilannya mirip seperti windows 11, semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *